Siapkan Mahasiswa Hadapi Persaingan Industri Digital, FEBI Gelar Pelatihan Digital Marketing

Blog Single

Senin, 15 Mei 2023 - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam mengadakan pelatihan digital marketing untuk mahasiswa dan calon mahasiswa yang akan menjalani program Pendidikan Profesi dan Lapangan (PPL). Pelatihan ini bertujuan untuk memperkuat keterampilan digital marketing bagi para mahasiswa agar siap menghadapi persaingan di industri digital di masa depan.

Pelatihan yang dilaksanakan di Ruang Laboratorium TIPD lantai 4 IAIN Kudus ini akan berlangsung selama dua minggu sampai tanggal 30 Mei 2023 dan dibagi 2 sesi yang mana setiap sesi dihadiri oleh kurang lebih 50 mahasiswa. Dalam pelatihan ini, mahasiswa diajarkan tentang strategi digital marketing, penggunaan tools media sosial, pengembangan konten, analisis data, serta teknik optimasi mesin pencari (SEO). Selain itu, pelatihan ini juga memberikan pengetahuan dasar tentang perilaku konsumen dan tren pasar yang dapat mempengaruhi strategi pemasaran. 

Sebelumnya, Pelatihan ini sudah dilaksanakan secara daring selama tiga kali. Dan hari ini, mahasiswa kembali di-Follow up teori dan didampingi untuk praktik secara langsung terkait digital marketing.

Salah satu fokus yang menjadi pembahasan pada pelatihan kali ini adalah media youtube. Ali Sofyan menjelaskan bahwa video yang menarik memiliki standar isi tertentu

"Standar video yang menarik harus memuat beberapa hal, seperti isi value dan keunggulan produk, menjawab kebutuhan dan keinginan konsumen, memiliki video editing yang rapi, tidak membosankan dan membuat penasaran penonton, serta dapat diingat pangsa pasar" jelasnya

Selain platform Youtube, platform lain seperti Instagram, Tiktok dan juga Facebook turut menjadi media yang dipelajari dalam pelatihaan kali ini. Karena saat ini sudah banyak sekali media yang dapat dijadikan sarana untuk pemasaran sehingga keahlian digital marketing menjadi hal yang sangat dibutuhkan di era serba digital seperti saat ini. Dalam lingkungan bisnis sendiri, keahlian digital marketing sangatlah penting karena bisnis selalu membutuhkan marketing yang relevan untuk menjangkau pangsa pasar dan konsumen. 

Salah seorang mahasiswa yang menjadi peserta pelatihan juga mengapresiasi program ini, karena memberikan pengetahuan dan keterampilan yang sangat dibutuhkan di masa depan. 

"Saya sangat senang bisa mengikuti pelatihan digital marketing ini, karena saya yakin keterampilan ini akan sangat berguna bagi saya di masa depan. Dengan pelatihan ini, saya merasa lebih siap dan percaya diri untuk menghadapi persaingan di industri digital,".

Saat ditemui setelah acara berlangsung, Ali Sofiyan selaku Narasumber dan penanggung jawab dari pelatihan ini menyampaikan, bahwa pelatihan ini terlaksana atas adanya keinginan dari Dekan Fakultas yang menginginkan PPL tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. 

"Tujuannya agar mahasiswa ada peran langsung ke Umkm dan sebaliknya ada sumbangsih langsung dari umkm kepada mahasiswa berupa pengalaman. Awalnya keinginannya adalah sebatas ketika lulus mahasiswa mempunyai toko online, tetapi jika dilihat untuk saat ini adalah eranya pemberdayaan sosial media sebagai media pemasaran, sehingga pada akhirnya harapan dari adanya pelatihan ini nantinya minimal mahasiswa ketika lulus memiliki perangkat dan ilmu untuk memasarkan melalui platform digital." Jelasnya

Output dari pelatihan digital marketing ini diharapkan dapat membantu para mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam untuk meningkatkan kompetensi mereka dan mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi PPL yang akan segera dilaksanakam dan juga dunia kerja yang semakin digital di masa depan.

 

(Alim Munawaroh)

Share this Post1: