Optimalkan Strategi Marketing, Mahasiswa MBS Ikuti Kuliah Praktisi Lanjutan

Blog Single

Mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Bisnis Syariah (MBS) sangat antusias mengikuti kegiatan Praktisi Mengajar, Mata Kuliah Praktik Bisnis yang menghadirkan narasumber seorang pengusaha fashion, Teresia Leony Widi Hastuti, S.E., M.M dengan memberikan pengkayaan ilmu dan wawasan tentang kunci utama dalam marketing agar mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang didapat di bangku kuliah terhadap kondisi nyata ketika berwirausaha. Kegiatan berlangsung di Gedung Rektorat Lt.3 pada Rabu (14/06/23).

Tere menyampaikan bahwa dengan melihat pasar secara keseluruhan dan mengetahui kekurangan kompetitor, pengusaha dapat memanfaatkan peluang yang ada.

Dalam hal company profile dan produk knowladge, pengusaha dapat menganalisis bagaimana menentukan strategi marketing dalam menghadapi pelanggan dengan cara mengenal ancaman dan peluang yang ada di pasaran. Perlunya menyusun strategi yang matang dan meminimalisir kesalahan yang sia-sia.

Dalam berbisnis penting mengetahui kekuatan dan kelemahan yang ada pada staff, karyawan, dan tim produksi. Melakukan riset agar memahami permintaan pasar dan tidak ketinggalan zaman. 

"Untuk bisa berjualan hingga mencapai target, kita harus menguasai produk dan company profile. Caranya dengan menerangkan produk yang kita jual secara detail pada konsumen. Memanfaatkan fitur aplikasi media sosial seperti live Instagram atau membuat konten video tiktok", paparnya.

Pengusaha harus mengenali produknya dengan baik agar mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Selain itu, menawarkan promo dan diskon di saat tertentu. Ketika sudah mengetahui target konsumen yang difokuskan, maka tidak ada salahnya untuk mencoba Endorsment.

Agar materi dan penjelasannya semakin diingat oleh para mahasiswa, Tere memberikan kuis di sela-sela pembelajaran sekaligus sebagai bahan evaluasi.

Share this Post1:

Galeri Photo